Kamis, 11 Januari 2018

5 Langkah Cemerlang Bangun Personal Branding untuk Perusahaan


jasa pembuatan website di jakarta pusat - Personal branding yaitu proses memasarkan diri dan karir melalui suatu citra yang dibuat untuk khalayak umum. Citra ini lalu dapat dipresentasikan lewat beragam jalur, seperti sosial media, situs (blog), website situs pribadi, sampai tingkah laku dimuka umum. Seperti product atau jasa, brand personal memberi deskripsi mengenai pengalaman yang juga akan didapat customer ketika berhubungan dengan yang memiliki brand.

Brand personal yang baik dapat memberi keuntungan dengan dua arah. Yang memiliki brand dapat buat product atau perusahaan kepunyaannya di kenal lebih luas, sesaat calon customer dapat merasa lebih yakin diri untuk melakukan transaksi. Keuntungan ini terikut ke luar perusahaan, karena bila perusahaan berhasil, citra diri juga akan turut terangkat.

Banyak manfaat jadikan brand personal salah satu unsur penting dalam kiat wiraswasta. Beberapa selebritas seperti Alice Norin bahkan juga memakai personal branding jadi pendongkrak utama keberhasilan startup mereka. Simak beberapa kiat berikut untuk membuat brand personal yang kuat dan berguna untuk perusahaanmu.

Punyai product yang baik sebelumnya melakukan branding 

Brand personal sebenarnya yaitu pedang bermata dua. Ketika pribadi seorang diasumsikan dengan suatu product/perusahaan, maka citra baik dan jelek perusahaan juga akan ikut bertambah bersamaan makin dikenalnya pribadi itu. Jadi contoh, sosok Steve Jobs senantiasa dihubungkan dengan kesuksesan Apple, sesaat di bagian beda ada sosok Keiji Inafune yang juga akan senantiasa dihubungkan dengan kegagalan Comcept.

Anda pasti tidak ingin memiliki citra yang diasumsikan dengan keburukan. Karenanya, pastikan kalau product dan layanan yang anda menawarkan memiliki kwalitas baik terlebih dulu sebelumnya merangkul massa lewat brand personal.

Personal branding yang terencana dan terpercaya 

Slogan “jadilah dirimu sendiri” tidak dapat diaplikasikan demikian saja dalam personal branding. Sama dengan product, anda harus juga tunjukkan citra pribadi yang positif dimuka umum. Ini bukanlah bermakna anda perlu berbohong atau bersandiwara, tapi anda harus tahu kesan seperti apa yang anda kehendaki dalam pandangan orang.

Apakah anda ingin di kenal jadi programmer andal? Motivator yang inspiratif? Atau fashionista yang pintar membuat trend baru? Dapatkan keunggulan yang anda punyai, dan tonjolkan karakter itu dalam beberapa content (artikel, photo, video, dsb) buatanmu.

Makin baik dan banyak content yang kamu bikin, kredibilitasmu dalam bagian berkaitan akan turut bertambah. Banyaklah buat content yang sifatnya menolong orang yang lain, agar beberapa calon customer dapat rasakan manfaat segera ketika terkena brand personalmu.

Kembangkan kepribadian yang positif 

Membuat personal branding sama seperti dengan jadikan dirimu seseorang profil umum. Kepribadianmu yaitu aset terbesarmu, jadi anda harus menjaganya agar senantiasa terlihat baik di depan umum.

Sempatkan diri untuk menghadiri acara-acara off line dan bertatap muka dengan orang yang lain. Didunia maya, anda perlu berhubungan dengan beberapa customer dengan reguler, misalnya membalas komentar, menjawab pertanyaan, dsb.

Anda harus juga melindungi tingkah laku di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Sosial media sejatinya yaitu ruang umum juga, jadi apa yang anda catat disana juga akan diliat dan dinilai oleh orang-orang.

Saat ini mendokumentasikan tingkah laku sosial media sangatlah mudah, jadi kegagalan melindungi tingkah laku dapat mengakibatkan kerusakan citra perusahaanmu. Apabila anda seseorang karyawan, hal semacam ini dapat membuat kamu kehilangan pekerjaan.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

Jadilah presentable dan searchable 

Jadi profil umum, cepat atau lambat orang-orang pastinya akan lihat penampilanmu. Berusahalah selalu untuk tampil layak dimuka umum, bahkan juga walau sesungguhnya anda belum juga berhasil. Layak yang disebut bukanlah bermakna harus resmi, tapi nyaman dilihat dan dapat menonjolkan kekhasan pribadimu.

Tampil layak juga perlu anda kerjakan didunia maya. Gunakanlah beberapa photo yang baik ditempat yang sesuai, bahkan juga bila perlu sewalah photografer profesional. Walau pepatah menyebutkan “jangan menilainya buku dari sampulnya”, orang akan tidak menanggapimu dengan serius apabila penampilanmu sembarangan.

Di samping tampilan, juga penting untuk buat dirimu mudah di cari di internet. Ini dapat anda kerjakan dengan buat profil di beragam website yang miliki jangkauan luas, seperti Facebook, LinkedIn, atau Twitter.

Jaga agar citramu di sosial media tetaplah profesional. Anda bisa menulis beberapa hal berbentuk pribadi kadang-kadang, tapi sikap profesional juga akan menaikkan kemampuan brand personalmu.

Pakai kontent outreach 

Untuk buat pribadimu di kenal, content buatanmu harus dapat mencapai massa sebanyak mungkin. Hal semacam ini dapat diraih satu diantaranya lewat cara kontent outreach, yakni merajut koneksi dengan orang yang lain yang dapat membagikan dan mempromosikan kontenmu.

Ada beberapa jenis pihak yang dapat anda ajak bekerja bersama, misalnya tokoh-tokoh pakar yang telah banyak di kenal dalam bagian yang anda tekuni. Apabila kontenmu diberikan atau diambil oleh seseorang pakar, namamu juga akan jadi lebih di kenal, sekaligus menimbulkan kesan kalau anda yaitu seseorang praktisi yang terpercaya. Jalur kontent outreach begini biasanya keluar dari kenalan pribadi.

Type kerja sama beda misalnya website media yang terima artikel tamu. Umumnya media tidak terima artikel atas nama perusahaan (terkecuali advertorial atau semacamnya), tetapi juga akan dengan suka hati terima artikel berkwalitas atas nama individu. Tech in Asia Indonesia juga memfasilitasi kerja sama begini lewat feature Community Post.

Tersebut beberapa strategi yang dapat anda aplikasikan untuk membuat brand personal yang kuat dan di mata orang-orang. Membuat citra sama dengan bermain peranan, anda harus membuat arahan dan menyiapkan diri dibalik layar, lalu mengeksekusinya di muka umum. Tidak lupa anda harus juga selalu mengevaluasi diri agar dapat memberi tampilan lebih baik di masa depan.

Manfaat brand personal bukan sekedar keluar selama anda terikat pada perusahaan. Walau anda telah meninggalkan pekerjaanmu atau perusahaanmu telah bangkrut, citra yang telah anda bentuk tetaplah juga akan ketinggalan di orang-orang dan dapat anda gunakan. Karenanya berusahalah selalu untuk jadi pribadi berkwalitas dimana pun anda berada.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.